UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Pecel Udang

resep udang cara membuat pecel udang

Resep udang ini pernah dibuatkan ibu saya ketika saya tidak memiliki selera makan. Awalnya saya masih ingat agak malas menyendok nasi hangat yang sudah tersaji di meja makan. Ambil satu sendok nasi sama satu sendok masakan dari resep udang ini. Eh baru aja beberapa suap citarasa pedas asam sambal nyetrum banget di lidah saya, nendang banget dengan rasa gurih renyahnya udang. Akhirnya nambah lagi satu sendok nasi dan satu sendok udah hehe. Jika tidak malu karena sempat menyepelekan hidangan udang ini ingin rasanya mengambil beberapa sendok lagi. Dan seperti biasa jika memakan masakan segar seperti ini keringat langsung membanjiri kepala saya.
Karena pengalaman tersebut akhirnya saya mencari tahu gimana sih cara membuat pecel udang . Dan tersajilah artikel yang akan teman teman baca ini. Beneran deh cocok banget sama nasi anget. resep udang ini cocok juga untuk disajikan sebagai makan siang keluarga. Saya anjurkan anda mencoba resep masakan kali ini.

Bahan resep udang :
500 gram udang kecil
minyak sayur untuk menggorang, secukupnya
Bahan untuk dihaluskan :
2 siung bawang putih
1 sendok tehketumbar
2 sendok teh garam

Untuk membuat sambal:
2 jeruk limau, dibelah menjadi dua bagian
Bahan sambal yang harus dihaluskan:
16 buah cabe merah keriting
10 cabe rawit merah
2 siung bawang putih
2 sendok teh terasi udang
1 buah tomat merah
2 sendok teh garam halus
Bahan sebagai pelengkap:
Daun selada
Tomat

Cara membuat pecel udang :

Bersihkan udang dengan cara dicuci, lalu buang bagian kepalanya. Diamkan sampai airnya turun
Campurkan udang bersama bahan halus, sambil diaduk sampai merata. Biarkan kurang lebih 30 menit agar bahan halus menyerap dalam udang.
Udang yang sudah dibumbui tersebut digoreng pada minyak panas, sampai
Goreng udang berbumbu dalam minyak panas hingga matang dan kering. Tiriskan.
Siapkan sambal pada piring saji.
Taruh udang goreng di atasnya. Tekan-tekan hingga agak pipih.
Kucuri air jeruk limau.

0 komentar:

Posting Komentar