UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Chikuzen-ni


Chikuzen-ni

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    ・1 paha ayam tanpa tulang (300 gram)
    ・1 buah wortel (150 gram)
    ・4 jamur shiitake kering
    ・8 batang buncis
    ・2 sendok makan gula
    ・2½ sendok makan kecap asin
    ・1 gelas (200 ml) air
    ・1 sendok teh minyak sayur

Cara Memasak

  1. Rendam jamur kering minimal 1 jam. Potong wortel secara memanjang menjadi dua bagian, kemudian potong kecil-kecil dengan lebar 2 cm, lalu setiap potongannya dibagi dua lagi. Cuci jamur yang telah mengembang, buang bagian batangnya lalu potong menjadi empat bagian seukuran dengan wortel. Buang serat di bagian sisi buncis, potong-potong dengan panjang sekitar 2 cm. Daging ayam dipotong-potong kotak ukuran sekitar 3 cm.
  2. Panaskan wajan, tuang minyak sayur lalu tumis daging ayam. Kalau daging ayam sudah tidak melekat pada dasar wajan, balikkan. Masukkan wortel dan buncis. Pastikan semua bahannya tercampur minyak. Terakhir masukkan jamur. Kalau semua bahannya sudah tercampur minyak, masukkan 1 gelas air. Tutup wajan dan biarkan selama 10 menit di atas api sedang.
  3. Kalau bahan-bahannya mulai empuk, miringkan wajan dan masukkan gula dan kecap asin ke dalam kuahnya. Aduk lalu tutup kembali wajan dan biarkan selama 5 menit lagi.
  4. Angkat tutupnya, biarkan kuahnya menyerap dan aduk daging ayam beserta sayuran dengan hati-hati menggunakan sendok kayu. Biarkan kuah surut hingga mengental dan mengkilat, menjadikan daging ayam dan sayurannya terlihat berkilau. Angkat dari api dan sajikan di atas piring besar.

Chikuzen-niChikuzen-niChikuzen-ni

0 komentar:

Posting Komentar