UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Kebutuhan Anak TK

Apa pun latar belakang mereka, semua anak mempunyai kebutuhan yang serupa. Kebutuhan ini dapat digambarkan sebagai berikut:

  • kebutuhan untuk merasa percaya, aman dan mampu
  • kebutuhan untuk tahu, memaknai dan akhirnya memecahkan masalah, walaupun secara sederhana
  • kebutuhan untuk menjadi kreatif
  • kebutuhan untuk mengembangkan koordinasi fisik
  • kebutuhan untuk berbagi pengalaman dengan orang lain, baik sesama anak-anak maupun orang dewasa.
Anak-anak perlu merasakan percaya, aman dan mampu.
Anak-anak perlu mengembangkan rasa percaya pada diri sendiri dan orang lain. Jika mereka merasa aman dalam suatu lingkungan yang nyaman dan mendukung, mereka akan berani untuk menjadi dirinya sendiri, untuk mencari tahu mereka bisa menjadi seperti apa,
untuk membuat kesalahan dan belajar untuk menerima konsekuensi tanpa harus mengalami penghancuran rasa percaya mereka terhadap diri sendiri maupun dunia luar. Mereka akan belajar menyesuaikan diri dengan situasi baru dan berbagi ide sambil mempertahankan individualitas mereka. Dengan cara ini, mereka membangun rasa kompetensi (dapat menyelesaikan sesuatu secara mandiri).
Anak-anak perlu merasa bebas dari rasa bersalah dan ketidakpastian, dan bebas untuk tumbuh dan berkembang dengan langkah mereka sendiri. Mereka perlu merasa yakin bahwa seseorang peduli tentang mereka dan bahwa mereka dapat belajar. Mereka perlu merasa diterima dan dikukuhkan keberadaannya sebagai anggota kelompok.
Guru harus merencanakan suatu lingkungan di mana anak-anak dapat mencoba ide-ide maupun keterampilan baru, dan menerapkan apa yang telah mereka pelajari. Mereka harus menerima dan menghargai setiap anak karena sangatlah penting bagi tiap anak untuk dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan kecepatan maupun kemampuan dirinya sendiri di tempat yang aman, lingkungan yang mendukung di mana anak merasa beberapa kepemilikan dan pemberdayaan.

Anak-anak memiliki kebutuhan untuk tahu, memaknai, dan untuk memecahkan masalah.
Anak-anak perlu bermain dan mengeksplorasi karena ini adalah cara mereka datang untuk mengetahui dan memahami dunia. Mereka perlu memiliki kesempatan untuk menggambarkan apa yang mereka lihat dan lakukan, memecahkan masalah dan mengevaluasi apa yang mereka lihat dan dengar. Mereka perlu untuk bereksperimen, mengeksplorasi dan memanipulasi bahan. Mereka perlu menjadi pengamat yang teliti, merefleksikan pengamatan mereka, dan diberi tantangan mengenai sesuatu di luar pengamatan mereka dalam rangka untuk mengembangkan pengetahuan, nilai-nilai, dan keterampilan dalam proses yang memungkinkan anak dapat belajar secara mandiri.
Anak-anak perlu belajar kepekaan dan responsif terhadap lingkungan. Mereka perlu menjadi fleksibel sehingga mereka dapat menerima tantangan dan perubahan tanpa menjadi frustrasi oleh keraguan, kegagalan dan ketidakpastian dalam dunia yang berubah. Mereka perlu untuk bisa merencanakan dan mengantisipasi konsekuensi.

Guru harus menyediakan berbagai dan berbagai sumber daya. Mereka harus merancang jadwal dengan memperhatikan rentang waktu yang memungkinkan adanya eksplorasi dan eksperimentasi, serta mendukung adanya pilihan individu dalam berbagai macam kegiatan, bahan atau peralatan. Pilihan sama dengan kesempatan untuk menetapkan tujuan jangka pendek mendorong siswa untuk mengembangkan keterampilan perencanaan. Menilai hasil dari tujuan-tujuan tersebut membuat siswa berlatih dalam mengantisipasi konsekuensi.

Anak-anak perlu kreatif.
Untuk menjadi kreatif, anak-anak perlu menyimpan persepsi mereka tentang dunia di sekitar mereka dalam bentuk gambar. Mereka membutuhkan kesempatan untuk mengidentifikasi dan mengungkapkan perasaan emosional mereka dengan berpartisipasi dalam permainan drama, berbagi cerita dengan anak-anak lain, menikmati musik dan bekerja dengan bahan-bahan seni. Mereka membutuhkan orang untuk mendengarkan mereka dan menanggapi apa yang mereka katakan. Mereka perlu mengembangkan kemampuan untuk menjelaskan segala sesuatu kepada orang lain dan untuk mengekspresikan ide-ide mereka.
Guru harus memastikan bahwa benda-benda habis pakai (kertas, spidol, pensil, dll) tersedia di dalam kelas, adanya rentang waktu yang  memungkinkan anak-anak untuk menyelesaikan ciptaan, memberikan kesempatan bagi siswa untuk menampilkan karyanya di dalam kelompok,  dan mendorong anak-anak untuk berinteraksi dengan orang lain baik di dalam maupun di luar kelas.

Anak-anak perlu mengembangkan koordinasi fisik.
Koordinasi fisik dikembangkan melalui aktivitas fisik, mengeksplorasi ruang dan penanganan benda. Anak-anak perlu menyadari tubuh mereka dan mencapai rasa penguasaan dan kontrol atas gerakan-gerakan tubuh mereka. Perlu diingat bahwa kesadaran diri anak-anak terkait erat dengan perasaan mereka tentang tubuh mereka dan penerimaan mereka terhadap karakteristik fisik mereka. Mereka mencapai hal ini melalui kegiatan-kegiatan motorik kasar seperti berlari, melompat, dan melempar, dan melalui kegiatan-kegiatan motorik halus seperti menggunting, menggambar dan merangkai manik-manik.
Guru dapat memenuhi kebutuhan tersebut melalui kegiatan perencanaan yang mengajarkan keterampilan fisik. Mereka harus secara aktif melibatkan anak-anak di aula, di luar dan di dalam kelas, dan memilih alternatif kegiatan fisik rutin agar kegiatan dapat ber-variasi.

Anak-anak perlu untuk berbagi pengalaman dengan anak-anak dan orang dewasa.
Anak-anak perlu merasa bahwa mereka adalah bagian dari suatu komunitas. Mereka harus berbicara dan mendengarkan anak-anak lain dan untuk orang dewasa. Mereka membutuhkan kesempatan untuk menonton orang lain dan meniru apa yang mereka lakukan. Mereka membutuhkan kesempatan untuk menguji berbagai cara berinteraksi dengan orang lain dan melihat akibat dari tindakan mereka. Anak-anak perlu mengetahui bahwa orang lain tidak selalu berpikir dengan cara yang sama mereka lakukan, atau melihat sesuatu dari perspektif yang sama. Mereka membutuhkan kesempatan untuk mencoba peran orang lain dan belajar untuk bergantian dan peralatan dan kegiatan berbagi dengan orang lain.

Guru harus memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain / berinteraksi dengan teman sebaya dan orang dewasa. Mereka harus menyediakan beberapa pusat yang mendorong permainan peran dan pengembangan keterampilan sosial. Guru dapat melihat kebutuhan untuk model keterampilan sosial seperti bagaimana untuk memasukkan kelompok atau bagaimana berinteraksi di sebuah pesta. Banyak anak-anak mungkin tidak memperoleh keterampilan semacam itu sebelum TK.

0 komentar:

Posting Komentar