UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

A.   Pengertian PTK

Penelitian tindakan kelas adalah sebuah proses di mana para peserta (participants) menguji praktik pendidikan mereka sendiri secara sistematik dan hati-hati dengan menggunakan teknik-teknik penelitian untuk melakukan perbaikan terhadap system, cara kerja, proses, isi atau situasi pembelajaran yang lebih efektif sehinggan profesionalitas mereka berkembang. Meskipun ada beberapa tipe penelitian tindakan yang dapat dilakukan oleh seorang guru, penelitian tindakan sebaiknya secara khusus merujuk pada melakukan penelitian sesuai dengan keahlian seorang guru. Penelitian tindakan yang dilakukan dengan bermaksud memberitahu dan mengubah praktik-praktik pembelajarannya di masa mendatang. Penelitian tindakan ini berpengaruh pada lingkungan guru bekerja yaitu siswa-siswa dan sekolah di mana guru bekerja. Ketika orang menyebut seorang guru professional, berarti guru tersebut sudah mampu merubah minimal lingkungan kerjanya menjadi lebih efektif dan efisien dari pada keadaan sebelumnya
  
B.    Judul Penelitian Tindakan (Kelas PTK)
Judul penelitian mencerminkan pokok permasalahan yang ingin dipecahkan. Judul penelitian sebaiknya mencakup semua variable utama yang akan diteliti. Judul penelitian disusun dalam bentuk kalimat deklaratif, singkat, spesifik, dan jelas serta mencerminkan apa yang ingin diteliti. Variabel yang nampak dalam judul penelitian yaitu variabel permasalahan yang akan dipecahkan dan variabel tindakan yang akan digunakan untuk memecahkan permasalahan tersebut.
Contohnya:
  • Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Kewirausahaan di SMK PGRI 2 Malang.
  • Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dapat meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. (Studi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri Malang).
  • Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (LC) Sangat Efektif Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Pada Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di SMK Negeri Malang.
Umumnya, penulisan judul penelitian diawali dengan variabel tindakan yang akan diterapkan (Model Pembelajaran Role Playing) kemudian hasil tindakan yang diharapkan (Dapat Meningkatkan)  dan diikuti variabel permasalahan yang ingin diperbaiki (Aktivitas Dan Hasil Belajar), serta ditunjukkan tempat dilakukan penelitian tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar